Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan dari Google

Setelah memamerkan kalau Fakta iPhone mendapatkan Featured Snippets dari Google, kali ini saya akan membahas apa pengertian dari Cuplikan Unggulan serta bagaimana cara mendapatkan dan menampilkan Cuplikan Unggulan di Google.

Pengertian & Fungsi Cuplikan Unggulan Google


Featured Snippets atau Cuplikan Unggulan adalah sebuah fitur dari Google untuk menampilkan deretan (List) atau listingan terkait beberapa langkah atau cara, - dari dalam artikel itu sendiri.

Semisal artikel Tips Beli iPhone yang dirilis Fakta iPhone. Cuplikan Unggulan sendiri terbagi dalam 2 bagian, yang satu berisi kalimat judul artikel, dan satunya lagi berisi deretan (List) atau listingan dari beberapa "cara" yang dimaksud.

3 Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan dari Google

Cuplikan Unggulan bisa dibilang untuk menghemat dan/atau meminimalisirkan waktu pengguna ketika menggunakan pencarian Google, karena mereka akan mudah mengerti dan tahu apa yang harus dilakukan TEPAT sebelum masuk ke artkelnya.

Dikutip dari How Google’s featured snippets work, ringkasnya begini... terkadang Google menampilkan listingan terlebih dahulu sebelum Link ke halaman tujuan. Selain itu, diciptakannya Cuplikan Unggulan juga berfungsi untuk membantu para pengguna Google lebih mudah menemukan informasi apa yang dicari tanpa harus masuk ke artikel tersebut.

Jika listingan tersebut kurang lengkap atau terpotong (teksnya), Anchor Text judul artikel pun sudah ditampilkan di bagian bawahnya, cukup diklik dan... pembaca pun akan dialihkan ke halaman utama dari postingan blog tersebut.

3 Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan dari Google


Seenggaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan oleh kalian supaya artikel blognya bisa mendapatkan dan menampilkan Featured Snippets dari Google.

1. Menggunakan Heading Tag SEO


Pertama ialah menggunakan Heading Tag SEO, atau bisa disebut juga Tag Heading yang bersifat dinamis.

Contohnya di Homepage suatu website, tag H1 akan berada di Nama Blog. Jika kalian masuk ke dalam artikelnya, maka tag H1 akan berpindah ke judul artikel sedangkan Nama Blog akan menggunakan tag H2.

Itulah pengertian dan cara kerja Heading Tag SEO secara ringkas.

Heading Tag SEO sangat berperan penting karena sifatnya menentukan mana bagian yang penting dan tidak penting. Ketika suatu teks dianggap sangat penting, maka teks tersebutlah yang akan diprioritaskan untuk di-Crawl oleh robot Google.

2. Memasang Tag Ordered List (OL) dan Numbered List (NL)


Baik itu Ordered List atau Numbered List adalah sebuah tag yang berfungsi menampilkan daftar atau list (listingan) di dalam postingan blog.

Contohnya, misal artikel yang memuat beberapa langkah tutorial dalam melakukan atau menyelesaikan suatu masalah. Semisal, artikel ini: Tutorial Dasar SEO Blogger untuk Blogger Pemula.

Percaya atau tidak, adanya tag Ordered List atau pun Numbered List di dalam suatu postingan blog, kemungkinan, suatu saat nanti, artikel blog tersebut akan mendapatkan Featured Snippets otomatis dari Google.

3. Mematuhi Featured Snippets Policies


Featured Snippets pun punya kebijakan dan aturan yang wajib dipatuhi. Beberapa poin yang berhasil saya temukan di antaranya:

  • Tidak boleh menggunakan kata atau foto seksual yang mengandung bahasa vulgar, kecuali untuk keperluan medis (ilmiah) seperti anatomi manusia, - misalnya pendidikan seks.
  • Cuplikan tidak boleh mengandung kekerasan, menghasut, kekerasan, dan unsur kebencian.
  • Tidak dibenarkan adanya unsur SARA yaitu suku, ras, dan agama.
  • Juga tidak boleh mengandung penghinaan terhadap penyandang disabilitas, agama, etnis, jenis kelamin, diskriminasi, indetitas gender, dan yang bersamaan dari pada itu.
  • Konten yang merugikan atau membahayakan orang lain, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Bagaimana? Persyaratannya mudah untuk dipahami, kan? Itulah pengertian dari Cuplikan Unggulan serta bagaimana cara mendapatkan dan menampilkan Cuplikan Unggulan (Featured Snippets) dari Google.
Arief Ghozaly
Arief Ghozaly Konten kreator artikel (writer/creator) sejak 2015.

Post a Comment for "3 Cara Mendapatkan Cuplikan Unggulan dari Google"