Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Bounce Rate? 5 Cara Menurunkan % Bounce Rate Blog

Kali ini saya akan menjelaskan apa itu Bounce Rate, pengertian Bounce Rate, serta cara mengecilkan atau menurunkan persentase (%) Bounce Rate pada blog, situs, atau website.

Bounce Rate adalah Pentalan Situs, - maksudnya ialah hasil akhir bagaimana robot Google menilai sebuah blog, apakah blog yang ditarget sudah berkualitas atau tidak.

Apa itu Bounce Rate? 5 Cara Menurunkan % Bounce Rate Blog
Via seopressor.com

Beberapa acuan bagi robot Google dalam menentukan persentase (%) Bounce Rate terhadap sebuah blog, situs, atau website diantaranya adalah:

  • Seberapa lama pembaca menghabiskan waktu di dalam satu artikel dan jumlah waktu dalam sekali kunjungan
  • Penilaian terhadap berapa banyak kali pembaca memilah-milah artikel

Ingat lho ya... Bounce Rate itu tentang persentase (%). Kalau nilainya membesar/membengkak, berarti ada yang salah dengan blog kalian. Akan tetapi apabila % nya mengecil (meskipun perlahan), berarti ada peningkatkan kualitas, baik dari sisi kualitas konten, maupun Navigasi Menu blog kalian.

5 Cara Menurunkan % Bounce Rate Blog


Setelah mengetahui pengertian dan cara kerja Bounce Rate, kali ini saya akan menerangkan tentang tutorial bagaimana caranya mengecilkan persentase (%) Bounce Rate pada blog.

Coba lihat lagi 2 poin di atas, - secara tidak langsung, besar-kecilnya persentase Bounce Rate mengikuti bagaimana perilaku pembaca ketika mengunjungi blog kalian.

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan, misalnya:

  1. Membuat, memasang, dan menampilkan Navigasi Menu yang baik dan jelas di mata pembaca
  2. Template Blogger User Friendly dan Mobile Friendly
  3. Judul artikel yang unik
  4. Adanya Internal Link di dalam blog seperti memasang Related Posts, Recent Posts, Popular Posts, Label (kategori), dan Recent Comments (jika perlu)
  5. Sudah pasti konten berkualitas dan bernilai tinggi

Jika kelima poin di atas kalian penuhi di dalam sebuah blog, maka dipastikan Bounce Rate pada blog akan mengecil dengan sendirinya. Mengecilnya Bounce Rate ini, mengindikasikan bahwa para pembaca sudah mulai betah untuk berlama-lama di blog kalian. Karena apa? Blognya berkualitas! :)

Gimana, mas-mas? Sudah pada paham kan, ya?

Bagi yang belum tahu, Bounce Rate dapat diketahui pada laman Google Analytics.

Google Analytics merupakan Tool gratis milik Google, sebuah tempat untuk mengecek hasil akhir analisa dari setiap pergerakan dan perilaku pembaca/pengunjung yang terjadi pada blog yang sudah didaftarkan ke Google Analytics.

Tool ini bekerja secara Real Time (sepanjang waktu), artinya apapun yang terjadi pada saat itu, maka itulah yang dicatat atau tertulis oleh sistem, dan langsung muncul (diberitahukan) di layar komputer atau laptop.

Itulah pengertian Bounce Rate serta cara mengecilkan dan menurunkan Bounce Rate pada blog, situs, atau pun website.
Arief Ghozaly
Arief Ghozaly Konten kreator artikel (writer/creator) sejak 2015.